Senin, 26 September 2011

Serunya Masa Lalu.....

Serunya Masa Lalu.....

Kadang2 terbersit saat bersama the krucils, banyak sekali (katakanlah hampir semua) perbedaan zaman saya kecil dan era anak2 sekarang. Mungkin gak fair ya kalo saya harus menyamakan atau memperlakukan anak2 sama dengan perlakuan orang tua saya dulu.  Tetapi tetap aja ada nilai2 yang harus dilestarikan. Seperti hormat pada orang tua (cium tangan, bersuara lemah lembut, melaksanakan tugas2 yang diberikan), sayang pada yang lebih muda (adik), membantu pekerjaan rumah, dsb.

Kembali ke (nostalgia) masa lalu, kebayang saat SD mainan rutin tiap jam istirahat adalah bola bekel, lompat tali, benteng2an..... hihihi.. mainan sederhana tapi menyenangkan dan buat ketagihan tiap hari. Kalo yang laki2 suka main layangan, atau tembakan dari kayu pake karet pentil.  Pelurunya dari kuntum bunga... (orang jatim bilang daun klorak).  Kalo kena lumayan meringis juga.
Kalo sekarang kok saya jarang liat anak2 (komplek perumahan) main layangan ya??  Main kelereng juga ga ada ya?? Padahal seru lho..... seseru kalo kita berhasil menyelesaikan sampai tamat urutan permainan bola bekel dari awal sampai akhir tanpa terpotong atau 1 team berhasil menyelesaikan urutan permainan  lompat tali tanpa kesalahan.

Saya berharap (tapi kayaknya ga terwujud deh..) sekolah2 Play Group atau TK mengajak sejenak atau sehari aja deh, guru2 nemenin mereka main layang2, bola bekel, lompat tali, dakonan, dsb.  Mainan murah meriah, sederhana bisa dimana saja dan tentu membantu motorik kasar mereka lebih aktif serta kerjasama tim. Sesekali boleh dong absen ke kidzania, ancol atau mal-mal yang lumayan nguras dompet ortunya heheh.....
Hujan2an sambil ngeduk tanah, belepotan semua, ambooiii asyik deh...

Itu hanya salah satu serunya masa lalu di benak saya...
Yuuukk beli karet gelang buat lompat tali daripada si ndut nonton tv melulu, ato... tolong dong ayah jagoan kita diajarin layangan nih biar ga main nintendo terus nih....

Ayo bunda & ayah.....

(@lia, 26 Sept 2011)



1 komentar: